quickedit{ display:none; }

firewall

on

Sebuah firewall digunakan untuk melindungi jaringan komputer, khususnya LAN dari berbagai serangan yang dapat menyebabkan data corrupt atau service menjadi macet. sebuah firewall dapat berupa komputer biasa yang telah dikonfigurasi menggunakan soffware tertentu, dan bisa juga menggunakan hadware/device tertentu, sekurang-kurangnya firewall memiliki dua buah interface. salah interface digunakan untuk jaringan private ( biasanya LAN) dan yang lainnya digunakan untuk internet.



Umumya firewall menjadi satu dengan router atau NAT router, namun firewall memiliki fitur2 lebih lengkap dari router biasa. Firewall dapat menyeleksi setiap data yang keluar/masuk, kemudian membandingkanya dengankriteria atau policy tertentu. jika sesuai dengan policy tersebut maka akan dilanjutkan, jika tidak sesuai, data akan di block.

Firewall umumnya dibuat dengan mengunakan satu atau beberapa metode proses kontrol akses, yang meliputi:

1. Paket filtering, paket-paket dianalisis dan disaring menggunakan sekumpulan aturan.
2. Proxy service, menyaring isi paket melalui firewall. informasi yang bersal dari internet akan    ditampung sementara di suatu tempatyang disebut proxy server.
3. Stateful inspection, bekerja membandingkan key yang menjadi paket ke suatu database yang berisi informasi terpercaya.

0 komentar: